Perbedaan keadaan partikel-partikel dalam zat padat, cair dan gas |
Ayo Cari Aktivitas 2.1
Carilah
pengertian dari kata materi. Tulislah pada buku catatan kalian. Kalian dapat
gunakan buku lain, ensiklopedia, kamus atau sumber internet untuk memperoleh
definisi ini. Tulis juga data referensi yang kalian gunakan secara lengkap.
Jawab:
1. Materi adalah
sesuatu yang mempunyai massa dan dapat menempati sebuah ruang.
2. Materi berdasarkan
wujudnya dapat dikelompokkan menjadi zat padat, cair, dan gas.
a. Contoh zat padat
adalah beberapa jenis logam, seperti besi, emas, dan seng.
b. Air, minyak goreng,
dan bensin merupakan contoh wujud cair.
c. Contoh zat berwujud
gas adalah udara, asap, dan uap air.
Asap rokok merupakan salah satu gas yang berbahaya bagi kesehatan.
3. Materi dapat dikelompokkan
menjadi unsur, senyawa, dan campuran.
a. Unsur merupakan zat
tunggal yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat yang lebih sederhana dengan
proses kimia biasa. Contoh unsur hidrogen (H) dan oksigen (O).
b. Senyawa adalah
gabungan dua unsur atau lebih dengan proses kimia biasa. Senyawa dapat
diuraikan menjadi dua unsur atau lebih dengan proses kimia biasa. Misalnya, air
yang memiliki rumus H2O dapat diuraikan menjadi unsur hidrogen (H)
dan oksigen (O).
c. Campuran adalah
suatu materi yang terdiri atas dua zat atau lebih yang masih mempunyai sifat
zat asalnya. Contoh beberapa campuran yang sering kita jumpai dalam kehidupan
seharihari adalah susu cokelat, air sungai, udara, batuan, garam beryodium, dan
paduan logam. Campuran dibedakan menjadi dua, yaitu campuran homogen dan
campuran heterogen. Campuran homogen adalah campuran yang tidak dapat dibedakan
zat- zat yang tercampur di dalamnya. Contoh campuran homogen adalah larutan gula, larutan garam, dan sirop.
Campuran heterogen terjadi karena zat yang tidak dapat bercampur satu dengan
lain secara sempurna sehingga dapat dikenali zat penyusunnya. Contoh campuran
heterogen adalah campuran pasir dan air.
Referensi: Ilmu Pengetahuan Alam. SMP/MTs Kelas VII Semester 1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017.
Percobaan Aktivitas 2.2
Percobaan
Sifat-sifat Zat Padat, Cair dan Gas
Percobaan 1: Berubah bentuk atau tidak?
Di bagian ini kalian akan diberikan
benda-benda berikut ini: “buku, batu, paku, air, minyak, busa, kertas, balon,
bola, pensil, daun kering, batang kering, kotak pembungkus makanan, Styrofoam”.
Menurut kalian, benda manakah yang dapat berubah bentuk dan mana yang tidak?
Diskusikanlah
bagaimana cara menguji apakah benda-benda tersebut memiliki sifat dapat berubah
bentuk. Tulislah langkah-langkahnya. Setelah itu lakukanlah langkah-langkah
sesuai yang kalian diskusikan. Manakah materi di atas yang termasuk zat padat,
zat cair dan gas? Apakah ada perubahan bentuk?
Jawab:
Benda yang disiapkan: “buku,
batu, paku, air, minyak, busa, kertas, balon, bola plastik, pensil, daun
kering, batang kering, kotak pembungkus makanan, styrofoam”.
Benda Padat: Buku,
batu, paku, busa, kertas, pensil, daun kering, batang kering, kotak pembungkus
makanan, Styrofoam.
Benda cair: air dan
minyak
Benda gas: udara dalam
balon dan udara dalam bola plastic. Catatan: balon karet kempes dan bola plastic kemps termasuk benda padat.
Cara menguji:
Benda padat: bila
dipindah bentuk dan volume tetap
Benda cair: bila
dipindah, volume tetap, bentuk mengikuti wadah
Benda gas: bentuk dan
volume mengikuti tempat. Contoh udara yang ditiupkan kedalam balon karet.
Percobaan 2: Sifat kompresibilitas
Pada
bagian ini kalian akan menemukan tiga suntikan yang telah diisi dengan bahan
yang berbeda-beda. Kalian akan menekan alat suntik ini untuk menguji sifat
materi apakah dapat ditekan atau dikompresikan atau tidak. Sebelum melakukan
percobaan, buatlah perkiraan atau dugaan atau hipotesis dulu, menurut kalian
suntikan yang berisi bahan apa yang paling mudah ditekan? Mengapa demikian?
Sekarang lakukanlah percobaan ini dengan menekan piston/suntikan seperti gambar
di bawah ini.
Percobaan menguji sifat kompresibilitas zat padat, cair dan gas |
Amatilah seberapa dalam kalian dapat menekan piston pada alat suntik tersebut. Tulislah hasil percobaan kelompok kalian. Apakah hasil percobaan kalian sesuai dengan hipotesis? Wujud benda manakah yang paling mudah ditekan?
Jawab:
No |
Piston berisi |
Piston ditekan |
1 |
Udara |
Udara dapat mengalir |
2 |
Air |
Air dapat mengalir |
3 |
Tanah |
Tanah tidak dapat mengalir |
Pertanyaan:
1. Apakah
hasil percobaan kalian sesuai dengan hipotesis? Jawab: Ya
2. Wujud
benda manakah yang paling mudah ditekan? Jawab: udara
Ayo Lakukan Aktivitas 2.3
Kalian
dan teman kalian akan menjadi model partikel dalam zat padat, cair dan gas.
1. Zat Padat
Sebanyak
enam siswa perempuan akan menirukan partikel dalam zat padat. Kalian (semua
anak perempuan) membentuk tiga baris dan berdiri sangat rapat, tidak ada jarak
satu dengan yang lain. Namun ingatlah bahwa partikel selalu bergerak. Karena
tidak ada ruang untuk bergerak, maka partikel dalam zat padat hanya bergetar.
Jadi kalian harus menggetarkan tubuh kalian. Dengan mempertahankan jarak yang
sangat dekat ini, cobalah bergerak. Agak sulit bukan? Apakah kalian dapat
menghubungkan keadaan partikel dalam zat padat dengan sifat zat padat yang
sulit berubah bentuk dan tidak bisa ditekan?
2. Zat Cair
Guru
kalian akan memilih siswa-siswa untuk menirukan partikel dalam zat cair dengan
cara membentuk tiga barisan yang teratur dengan ada sedikit jarak antara siswa.
Kalian dapat melakukan lencang depan untuk mengatur jarak ini. Lalu
berpasanganlah dan berpegang satu tangan. Sekarang bergeraklah dengan terus
mempertahankan jarak yang sama satu sama lain. Kemudian tetaplah bergerak untuk
membuat satu barisan panjang. Lalu kembali bentuk barisan seperti semula.
Dapatkan kalian bergerak?
Ilustrasi partikel zat cair |
Nah, keadaan ini menunjukkan partikel-partikel dalam zat cair memiliki jarak sehingga partikel-partikel ini dapat bergerak. Sehingga cairan memiliki volume yang tetap, bisa mengalir dan berubah bentuk sesuai wadahnya.
3. Gas
Sebanyak
enam siswa laki-laki dapat menjadi partikel dalam gas. Berdirilah berjauhan
satu sama lain, kira-kira berjarak 1 meter. Lalu bergeraklah dengan bebas
secara cepat ke segala arah. Hati-hatilah agar tidak bertubrukan dengan teman
kalian.
Partikel-partikel
dalam gas memiliki jarak yang sangat jauh sehingga sangat mudah bergerak. Juga
dapat kalian perhatikan bahwa volume gas dapat berubah-ubah, demikian pula
bentuknya. Sekarang kalian dapat
memberikan alasan mengapa gas paling mudah ditekan, bukan?
Referensi
Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas VII. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, 2021. Penulis: Victoriani Inabuy, Dkk. ISBN: 978-602-244-384-1 (Jilid-1)
Baca juga:
Zat dan Perubahannya | |
01 | |
02 | |
03 | |
04 | |
05 | |
06 | |
07 | |
08 | |
09 | |
10 | |
11 | |
12 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar