Kamis, 30 Juni 2022

Aktivitas Wujud Zat dan Model Partikel

 

Perbedaan keadaan partikel-partikel dalam zat padat, cair dan gas
Perbedaan keadaan partikel-partikel dalam zat padat, cair dan gas

Ayo Cari Aktivitas 2.1

Carilah pengertian dari kata materi. Tulislah pada buku catatan kalian. Kalian dapat gunakan buku lain, ensiklopedia, kamus atau sumber internet untuk memperoleh definisi ini. Tulis juga data referensi yang kalian gunakan secara lengkap.

Jawab:

1. Materi adalah sesuatu yang mempunyai massa dan dapat menempati sebuah ruang.

2. Materi berdasarkan wujudnya dapat dikelompokkan menjadi zat padat, cair, dan gas.

a. Contoh zat padat adalah beberapa jenis logam, seperti besi, emas, dan seng.

b. Air, minyak goreng, dan bensin merupakan contoh wujud cair.

c. Contoh zat berwujud gas adalah udara, asap, dan uap air.  Asap rokok merupakan salah satu gas yang berbahaya bagi kesehatan.

3. Materi dapat dikelompokkan menjadi unsur, senyawa, dan campuran.

a. Unsur merupakan zat tunggal yang tidak dapat diuraikan lagi menjadi zat yang lebih sederhana dengan proses kimia biasa. Contoh unsur hidrogen (H) dan oksigen (O).

b. Senyawa adalah gabungan dua unsur atau lebih dengan proses kimia biasa. Senyawa dapat diuraikan menjadi dua unsur atau lebih dengan proses kimia biasa. Misalnya, air yang memiliki rumus H2O dapat diuraikan menjadi unsur hidrogen (H) dan oksigen (O).

c. Campuran adalah suatu materi yang terdiri atas dua zat atau lebih yang masih mempunyai sifat zat asalnya. Contoh beberapa campuran yang sering kita jumpai dalam kehidupan seharihari adalah susu cokelat, air sungai, udara, batuan, garam beryodium, dan paduan logam. Campuran dibedakan menjadi dua, yaitu campuran homogen dan campuran heterogen. Campuran homogen adalah campuran yang tidak dapat dibedakan zat- zat yang tercampur di dalamnya. Contoh campuran homogen adalah  larutan gula, larutan garam, dan sirop. Campuran heterogen terjadi karena zat yang tidak dapat bercampur satu dengan lain secara sempurna sehingga dapat dikenali zat penyusunnya. Contoh campuran heterogen adalah campuran pasir dan air.

Referensi: Ilmu Pengetahuan Alam. SMP/MTs Kelas VII Semester 1. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017. 

 

Percobaan Aktivitas 2.2

Percobaan Sifat-sifat Zat Padat, Cair dan Gas

Percobaan 1: Berubah bentuk atau tidak?

Di bagian ini kalian akan diberikan benda-benda berikut ini: “buku, batu, paku, air, minyak, busa, kertas, balon, bola, pensil, daun kering, batang kering, kotak pembungkus makanan, Styrofoam”. Menurut kalian, benda manakah yang dapat berubah bentuk dan mana yang tidak?

Diskusikanlah bagaimana cara menguji apakah benda-benda tersebut memiliki sifat dapat berubah bentuk. Tulislah langkah-langkahnya. Setelah itu lakukanlah langkah-langkah sesuai yang kalian diskusikan. Manakah materi di atas yang termasuk zat padat, zat cair dan gas? Apakah ada perubahan bentuk?

Jawab:

Benda yang disiapkan: “buku, batu, paku, air, minyak, busa, kertas, balon, bola plastik, pensil, daun kering, batang kering, kotak pembungkus makanan, styrofoam”.

Benda Padat: Buku, batu, paku, busa, kertas, pensil, daun kering, batang kering, kotak pembungkus makanan, Styrofoam.

Benda cair: air dan minyak

Benda gas: udara dalam balon dan udara dalam bola plastic. Catatan: balon karet kempes dan  bola plastic kemps termasuk benda padat.

Cara menguji:

Benda padat: bila dipindah bentuk dan volume tetap

Benda cair: bila dipindah, volume tetap, bentuk mengikuti wadah

Benda gas: bentuk dan volume mengikuti tempat. Contoh udara yang ditiupkan kedalam balon karet.

 

Percobaan 2: Sifat kompresibilitas

Pada bagian ini kalian akan menemukan tiga suntikan yang telah diisi dengan bahan yang berbeda-beda. Kalian akan menekan alat suntik ini untuk menguji sifat materi apakah dapat ditekan atau dikompresikan atau tidak. Sebelum melakukan percobaan, buatlah perkiraan atau dugaan atau hipotesis dulu, menurut kalian suntikan yang berisi bahan apa yang paling mudah ditekan? Mengapa demikian? Sekarang lakukanlah percobaan ini dengan menekan piston/suntikan seperti gambar di bawah ini.

Percobaan menguji sifat kompresibilitas zat padat, cair dan gas
Percobaan menguji sifat kompresibilitas zat padat, cair dan gas

Amatilah seberapa dalam kalian dapat menekan piston pada alat suntik tersebut. Tulislah hasil percobaan kelompok kalian. Apakah hasil percobaan kalian sesuai dengan hipotesis? Wujud benda manakah yang paling mudah ditekan?

Jawab:

No

Piston berisi

Piston ditekan

1

Udara

Udara dapat mengalir

2

Air

Air dapat mengalir

3

Tanah

Tanah tidak dapat mengalir

Pertanyaan:

1. Apakah hasil percobaan kalian sesuai dengan hipotesis? Jawab: Ya

2. Wujud benda manakah yang paling mudah ditekan? Jawab: udara

 

Ayo Lakukan Aktivitas 2.3

Kalian dan teman kalian akan menjadi model partikel dalam zat padat, cair dan gas.

1. Zat Padat

Sebanyak enam siswa perempuan akan menirukan partikel dalam zat padat. Kalian (semua anak perempuan) membentuk tiga baris dan berdiri sangat rapat, tidak ada jarak satu dengan yang lain. Namun ingatlah bahwa partikel selalu bergerak. Karena tidak ada ruang untuk bergerak, maka partikel dalam zat padat hanya bergetar. Jadi kalian harus menggetarkan tubuh kalian. Dengan mempertahankan jarak yang sangat dekat ini, cobalah bergerak. Agak sulit bukan? Apakah kalian dapat menghubungkan keadaan partikel dalam zat padat dengan sifat zat padat yang sulit berubah bentuk dan tidak bisa ditekan?

2. Zat Cair

Guru kalian akan memilih siswa-siswa untuk menirukan partikel dalam zat cair dengan cara membentuk tiga barisan yang teratur dengan ada sedikit jarak antara siswa. Kalian dapat melakukan lencang depan untuk mengatur jarak ini. Lalu berpasanganlah dan berpegang satu tangan. Sekarang bergeraklah dengan terus mempertahankan jarak yang sama satu sama lain. Kemudian tetaplah bergerak untuk membuat satu barisan panjang. Lalu kembali bentuk barisan seperti semula. Dapatkan kalian bergerak?

Ilustrasi partikel zat cair
Ilustrasi partikel zat cair

Nah, keadaan ini menunjukkan partikel-partikel dalam zat cair memiliki jarak sehingga partikel-partikel ini dapat bergerak. Sehingga cairan memiliki volume yang tetap, bisa mengalir dan berubah bentuk sesuai wadahnya.

3. Gas

Sebanyak enam siswa laki-laki dapat menjadi partikel dalam gas. Berdirilah berjauhan satu sama lain, kira-kira berjarak 1 meter. Lalu bergeraklah dengan bebas secara cepat ke segala arah. Hati-hatilah agar tidak bertubrukan dengan teman kalian.

Partikel-partikel dalam gas memiliki jarak yang sangat jauh sehingga sangat mudah bergerak. Juga dapat kalian perhatikan bahwa volume gas dapat berubah-ubah, demikian pula bentuknya.  Sekarang kalian dapat memberikan alasan mengapa gas paling mudah ditekan, bukan?

 

Referensi

Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas VII. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, 2021. Penulis: Victoriani Inabuy, Dkk. ISBN: 978-602-244-384-1 (Jilid-1) 

 Baca juga:

Zat dan Perubahannya

01

 Wujud Zat dan Model Partikel

02

 Aktivitas Wujud Zat dan Model Partikel

03

 Uji Wujud Zat dan Model Partikel

04

 Perubahan Wujud Zat

05

 Aktivitas Perubahan Wujud Zat

06

 Uji Perubahan Wujud Zat

07

 Perubahan Fisika dan Kimia

08

 Aktivitas Perubahan Fisika dan Kimia

09

 Uji Perubahan Fisika dan Kimia

10

 Kerapatan Zat

11

 Aktivitas Kerapatan Zat

12

 Proyek Berpikir secara Sains

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar