Kamu telah mengetahui bahwa benda yang sedang bergerak lurus akan memiliki energi kinetik. Bagaimana jika benda tersebut bergerak pada ketinggian tertentu, apakah ada energi lain yang muncul?
Suatu
benda yang berada pada ketinggian tertentu akan cenderung jatuh ke bawah jika
tidak ada yang menghalanginya. Apakah yang menyebabkan benda jatuh ke bawah?
Gaya
tarik gravitasi bumi yang menyebabkan suatu benda jatuh ke tanah/bawah atau
posisi paling rendah. Pernahkah kamu melihat buah yang jatuh dari pohon? Kamu
melihat ada buah yang masih utuh saat di tanah, namun ada juga yang sudah
hancur. Mengapa demikian? Dapatkah kamu memberikan penjelasannya?
Buah-buah
yang jatuh dari pohonnya memiliki energi yang disebut energi potensial. Energi potensial adalah energi benda akibat dari
posisinya maupun bentuk dan susunannya. Karena itu energi potensial akan
bernilai besar jika posisinya semakin tinggi dari permukaan tanah. Ungkapan
matematis energi potensial diungkapkan pada persamaan berikut ini.
Ep = m x g x h
Dengan,
Ep =
energi potensial (Joule)
m =
massa benda (kg)
g =
gravitasi bumi (9,8 m/s2 atau 10 m/s2)
h =
ketinggian benda (meter)
Karena
energi potensial sebanding dengan jarak perpindahan benda, maka energi
potensial juga sebanding dengan usaha benda tersebut. Secara matematis,
W = Ep = m x g
x h
Dari
persamaan tersebut dapat dilihat bawa usaha sebanding dengan perubahan
ketinggian benda.
Latihan Soal:
1. Seorang
pemanjat tebing bermassa 60 kg berada di ketinggian 100 m dari tanah. Berapa
energi potensial yang dimiliki pemanjat tersebut? (g = 10 m/s2)
Pemanjat tebing ini mempunyai energi potensial karena ketinggiannya dari permukaan tanah |
Penyelesaian
Diketahui:
massa (m) = 60 kg
ketinggian (h) = 100 m
percepatan gravitasi g
= 10 m/s2
Ditanyakan EP = .... ?
Jawab:
EP = m × g
× h
EP = 60 kg
× 10 m/s2 × 100 m
EP = 60.000
Joule
Jadi, energi potensial
yang dimiliki pemanjat tebing tersebut sebesar 60.000 J.
2. Buah
kelapa yang massanya 1,2 kg berada pada pohon setinggi 5 m. Jika percepatan
gravitasi di tempat itu 10 m/s2, berapakah besar energi potensial
yang dimiliki buah kelapa tersebut?
Diketahui:
m = 1,2 kg
h = 5 m
g = 10 m/s2
Ditanyakan: Ep = . . .
?
Jawab:
Ep = m x g x h
Ep = 1,2 kg x 10 m/s2 x 5 m
Ep = 60 J
Jadi, energi potensial
yang dimiliki kelapa tersebut sebesar 60 J.
3. Sebuah
buku bermassa 0,5 kg berada di atas rak lemari pada ketinggian 2 m. Jika
percepatan gravitasi 10 m/s2, berapakah energi potensial yang dimiliki buku
pada ketinggian tersebut?
Diketahui:
m = 0,5 kg
h = 2 m
g = 10 m/s2
Ditanyakan: Ep = …?
Jawab:
Ep = m x g
x h
Ep = (0,5
kg) x (2 m) x (10 m/s2)
Ep = 10
joule
Jadi, energi potensial
yang dimiliki buku tersebut sebesar 10 joule
Referensi
Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas VIII. Kementerian Pendidikan,
Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, 2021. Penulis: Okky Fajar
Tri Maryana, Dkk. ISBN: 978-602-244-383-4
Belajar IPA: membuka cakrawala alam sekitar 2 untuk kelas VIII/
SMP/MTs Saeful Karim – Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan
Nasional, 2008.
Ilmu Pengetahuan Alam: SMP/MTs Kelas VIII/oleh H. Moch. Agus
Krisno [et.al].; editor Intan Mahanani. — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen
Pendidikan Nasional, 2008.
Ilmu Pengetahuan Alam 2: SMP/MTs Kelas VIII/oleh Wasis, Sugeng
Yuli Irianto. — Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
Baca juga:
Bab 3 Usaha, Energi, Pesawat Sederhana | |
01 | |
02 | |
03 | |
04 | |
05 | |
06 | |
07 | |
08 | |
09 | |
10 | |
11 | |
12 | |
13 | |
14 | |
15 | |
16 | |
17 | |
18 | |
19 | |
20 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar