A. Benda-benda di Sekitar Kita
Segala
sesuatu yang ada di sekitar kita terdiri atas benda-benda. Perhatikan air yang
biasa diminum, udara yang dihirup setiap saat, atau uang logam yang digunakan sebagai
uang jajan. Tersusun atas apakah
benda-benda tersebut? Air (H2O) merupakan zat cair yang tersusun atas 2 atom
hidrogen (H) dan 1 atom oksigen
(O). Udara yang
dihirup merupakan gas oksigen.
Uang logam merupakan zat padat yang terdiri atas campuran tembaga dan perunggu.
Coba
perhatikan meja belajar dan tumbuhan. Apa bedanya meja belajar dan tumbuhan
yang ada di sekitarmu? Apakah tumbuhan mempunyai kemampuan untuk tumbuh dan
berkembang, bernapas, dan berkembang biak? Bandingkan ciri-ciri tumbuhan
tersebut dengan ciri-ciri meja belajar. Apa beda tumbuhan dan kucing piaraanmu?
Secara garis besar, benda-benda di alam semesta ini
terdiri atas benda hidup (makhluk hidup) dan benda tak hidup. Masing-masing
memiliki karakteristik tersendiri. Dalam bab ini, kamu akan mempelajari karakteristik benda hidup (makhluk hidup) dan benda-benda
tak hidup yang ada di lingkungan sekitar serta bagaimana mengklasifikasikannya.
Kamu
akan kagum terhadap kebesaran Tuhan Yang Maha Esa yang telah menciptakan bumi
beserta segala isinya. Tuhan Yang Maha Esa telah menciptakan berbagai jenis
makhluk hidup dengan sangat teratur. Tuhan Yang Maha Esa juga menciptakan alam
semesta ini dengan sempurna, seperti air, udara, hutan, batuan, dan berbagai
macam mineral yang terdapat dalam perut bumi. Oleh karena itu, kamu wajib
selalu bersyukur kepada Tuhan yang telah menciptakan kamu sebagai makhluk yang
paling sempurna. Kamu juga wajib menjaga alam semesta ini agar tetap lestari
dan tidak dicemari oleh berbagai macam zat berbahaya yang dapat merusak
lingkungan, karena itu kamu harus bersungguh-sungguh mempelajari karakteristik
benda-benda di sekitarmu. Kemudian mengklasifikasikannya berdasarkan
sifat-sifat atau ciri-ciri dari benda-benda tersebut.
B. Ciri-ciri Benda Mati
Perhatikan
Gambar di bawah, gambar anak yang sedang bermain bola dan gambar robot. Apa
persamaan dan perbedaannya? Persamaannya adalah anak kecil yang sedang bermain
bola dan robot sama-sama dapat bergerak. Perbedaannya ialah robot tidak dapat
tumbuh dan berkembang, tidak dapat bernapas, dan tidak dapat berkembang biak.
Anak kecil dapat tumbuh dan berkembang, dapat bernapas, dan dapat berkembang
biak. Anak kecil memiliki ketiga ciri tersebut.
Gambar anak bermain bola dan robot |
Di lingkungan sekitar terdapat banyak sekali benda. Mobil, motor, sepeda, sepatu, pensil, udara, papan tulis merupakan bentuk benda. Setiap jenis benda mempunyai sifat atau ciri yang membedakannya dari jenis benda lain.
Perhatikan
Gambar di bawah ini. Tersusun dari apa sajakah sebuah mobil? Sebuah mobil terdiri atas beberapa benda lain,
seperti ban, kaca, dan baja.`
Sebuah mobil terdiri atas beberapa benda lain, seperti ban, kaca, dan baja.` |
C. Cara Mengklasifikasikan Makhluk Hidup
Manusia,
hewan, dan tumbuhan merupakan kelompok makhluk hidup. Makhluk hidup dan benda
tak hidup atau benda mati dibedakan dengan adanya ciri-ciri kehidupan. Makhluk
hidup menunjukkan adanya ciri-ciri kehidupan antara lain bergerak, bernapas,
tumbuh dan berkembang, berkembang biak, memerlukan nutrisi, dan peka terhadap
rangsang. Benda mati tidak memiliki ciri-ciri tersebut.
Benda Mati dan Makhluk Hidup |
Pada
gambar di atas yang termasuk Makhluk Hidup adalah Tanaman Jagung, Orangutan,
dan Burung Merak, sedangkan Benda Mati ialah tas, roda, bola, dan helikopter.
D. Ciri-ciri Makhluk Hidup
Secara
umum, ciri-ciri yang ditemukan pada makhluk hidup adalah bernapas, bergerak,
makan dan minum, tumbuh dan berkembang, berkembang biak, mengeluarkan zat sisa,
peka terhadap rangsang, dan menyesuaikan diri terhadap lingkungan.
1.
Bernapas
Setiap
saat kamu bernapas, yaitu menghirup udara yang di antaranya mengandung oksigen
(O2) dan mengeluarkan udara dengan kandungan karbon dioksida (CO2)
lebih besar dari yang dihirup. Kamu dapat merasakan kebutuhan bernapas dengan
cara menahan untuk tidak menghirup udara selama beberapa saat. Tentunya kamu
akan merasakan sesak sebagai tanda kekurangan oksigen.
2.
Memerlukan Makanan dan Minuman
Untuk
beraktivitas, setiap makhluk hidup memerlukan energi. Dari manakah energi
tersebut diperoleh? Untuk memperoleh energi, makhluk hidup memerlukan makanan
dan minuman.
3.
Bergerak
Kamu
dapat berjalan, berlari, berenang, dan menggerakkan tangan. Itu merupakan ciri
bergerak. Tubuhmu dapat melakukan aktivitas karena memiliki sistem gerak.
Sistem gerak terdiri atas tulang, sendi, dan otot. Ketiganya bekerja sama
membentuk sistem gerak.
4.
Tumbuh dan Berkembang
Perhatikan tubuhmu, samakah tinggi dan massa tubuhmu sekarang dengan tinggi dan massa tubuhmu waktu masih kecil? Tentu saja tidak sama. Tinggi dan massa tubuhmu akan bertambah seiring pertambahan usia. Proses inilah yang disebut dengan tumbuh. Hewan juga mengalami hal yang sama. Kupu-kupu bertelur, telur tersebut kemudian menetas menjadi ulat, lalu menjadi kepompong, kepompong berubah bentuk menjadi kupu-kupu muda, dan akhirnya berkembang menjadi kupu-kupu dewasa.
5.
Berkembang Biak (Reproduksi)
Kemampuan
makhluk hidup untuk memperoleh keturunan disebut berkembang biak (reproduksi).
Berkembang biak bertujuan untuk melestarikan keturunan agar tidak punah.
Sebagai contoh kamu lahir dari ayah dan ibu. Ayah dan ibumu masing-masing juga
mempunyai orangtua yang kamu panggil kakek dan nenek, dan seterusnya.
6.
Peka terhadap Rangsang
Bagaimanakah reaksi
kamu jika tiba-tiba
ada sorot lampu
yang sangat terang masuk ke mata?
Tentu secara spontan kamu akan segera menutup kelopak mata. Dari contoh itu
menunjukkan bahwa manusia mempunyai kemampuan untuk memberikan tanggapan
terhadap rangsangan yang diterima. Kemampuan menanggapi rangsangan disebut
irritabilitas.
7. Menyesuaikan Diri terhadap Lingkungan
Kemampuan
makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan disebut adaptasi.
Contohnya tumbuhan yang hidup di tempat kering (sedikit mengandung air)
memiliki daun yang sempit dan tebal, sedangkan tumbuhan yang hidup di tempat
basah (banyak mengandung air) memiliki daun lebar dan tipis.
Sumber:
Ilmu Pengetahuan Alam. SMP/MTs Kelas VII Semester 1. Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. Edisi Revisi Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan, 2017.
Baca juga:
Klasifikasi
Makhluk Hidup |
|
01 |
|
02 |
|
03 |
|
04 |
|
05 |
|
06 |
|
07 |
|
08 |
|
09 |
|
10 |
|
11 |
|
12 |
|
13 |
|
14 |
|
15 |
|
16 |
|
17 |
|
18 |
|
19 |
|
20 |
|
21 |
|
22 |
|
23 |
|
24 |
|
25 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar