Sabtu, 30 Juli 2011

Hubungan antara proses yang terjadi di Lithosfer dan Atmosfer

Permukaan Bumi
A. Bentuk Permukaan Bumi,  tidak rata disebabkan oleh dua faktor utama yaitu faktor dari dalam (tenaga endogen) dan Faktor dari luar ( eksogen ) yang bersifat merusak permukaan Bumi.

Pelapukan Batuan
B. Pelapukan, adalah proses perubahan atau dengan kata lain rusaknya batu-batuan (ataupun benda yang lain pada tempat di mana batuan tersebut berada) akibat tenaga oksigen. Adapun macam-macam pelapukan pada batuan adalah :
(1) Pelapukan Mekanik,  terjadi perbedaan suhu karena proses waktu dan faktor-faktor lain seperti air yang mengalir, angin yang bertiup, ombak yang menghantam karang.
(2) Pelapukan Kimia,  adalah pelapukan yang terjadi pada batu-batuan di permukaan bumi akibat adanya reaksi kimia yang disebabkan oleh peristiwa-peristiwa alam. Contohnya air hujan yang mengandung CO2 dapat melarutkan batuan gamping.
(3) Pelapukan Organik,  adalah pelapukan pada batu-batuan di permukaan bumi sebagai akibat aktivitas makhluk hidup. Aktivitas makhluk hidup ada yang bersifat kimiawi dan ada juga yang bersifat mekanik.

Efek Rumah Kaca menyebabkan Pemanasan Global
C. Pemanasan Global,  pada dasarnya diakibatkan oleh gas-gas pencemar seperti karbondioksida (CO2) dan gas freon atau kloro fluoro karbon (CFC) yang dihasilkan akibat kemajuan teknologi. Pemanasan global sering disebut dengan efek rumah kaca (green house effect). Proses efek rumah kaca terjadi berawal ketika gas-gas pencemar seperti karbondioksida dan CFC menahan pancaran gelombang panas di permukaan bumi. Di mana panas akan memantul kembali ke bumi, sehingga akan terjadi kenaikan temperatur di permukaan bumi.

D. Lingkungan dan Manusia
Penebangan Hutan
(1)  Lingkungan Darat dan Pengaruhnya terhadap Kehidupan dan Kesehatan Manusia. Berikut ini contoh-contoh aktivitas negatif manusia terhadap lingkungan darat, yaitu: (a) Menebang hutan secara liar. (b)  Penambangan pasir atau bahan tambang secara liar. (c) Pembuangan sampah sembarangan dan sebagainya.

Pencemaran Udara di Kota Besar
2. Lingkungan Udara dan Pengaruhnya terhadap Kehidupan dan Kesehatan Manusia. Lingkungan udara adalah faktor penting untuk kehidupan manusia. Manusia hidup perlu bernapas, bernapas mengambil oksigen dari udara, Pencemaran udara terjadi akibat adanya zat-zat lain yang terproses bersama oksigen di udara. Zat-zat pencemar disebut juga polutan.

Ikan mati akibat pencemaran air
3. Lingkungan Air dan Pengaruhnya terhadap Kehidupan dan Kesehatan Manusia. Lingkungan air adalah lingkungan di sekitar manusia yang mencakup perairan, seperti sungai, danau, laut, rawa, dan sebagainya. Air merupakan kebutuhan pokok yang mutlak harus terpenuhi. Sungai atau danau menyediakan zat makanan yang mengandung protein yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, misalnya rumput laut serta ikan-ikan.

Disusun oleh:  Bhakti Raga P
Kelas               :  IX i
Sekolah           : SMP Negeri 01 Adiwerna
Tanggal            : 21 Juli 2011

Sumber :
Buku Sekolah Elektronik ( BSE ),Pembelajaran ilmu pengetahuan alamTerpadu dan kontekstual kelas 9. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Gambar dari Google Images

Artikel Ekosistem

No
EKOSISTEM
Penulis
01
Dwijo M.Panis
02
Minati Ulya A.
03
Bhakti Raga P
04
Yusuf Agung P
05
Minati Ulya A.
06
M. Khandan Y
07
Nelatul Tafrika
08
Semiyanto
09
Semiyanto

Tidak ada komentar: