Selasa, 19 Juli 2011

Gerhana Matahari dan Gerhana Bulan


Bumi selalu berotasi pada porosnya dan berevolusi terhadap matahari, sementara bulan berotasi pada porosnya, berevolusi pada bumi, dan bersama-sama bumi mengitari matahari. Karena gerakan ini, suatu saat bumi, bulan, dan matahari terletak pada satu garis lurus.

A. Gerhana matahari

Gerhana Matahari
Gerhana Matahari

Gerhana matahari terjadi jika posisi bulan terletak antara bumi dan matahari, akibatnya bulan membentuk bayangan di bumi, sehingga orang yang tinggal di belahan bumi tersebut tidak dapat melihat matahari. Ukuran bulan lebih kecil dari ukuran matahari, karena itu hanya sebagian kecil permukaan bumi yang benar-benar ditutupi bayangan bulan dan sama sekali tidak mendapatkan cahaya matahari. Daerah ini mengalami gerhana matahari total.

Skema Gerhana Matahari
Skema Gerhana Matahari

B. Gerhana bulan

Gerhana Bulan
Gerhana Bulan

Gerhana bulan terjadi saat matahari, bumi, bulan terletak satu garis lurus. Saat gerhana bulan, bumi terletak di antara matahari dan bulan, sehingga cahaya matahari mengenai bumi dan tidak sampai di bulan. Akibatnya bulan tidak memantulkan cahaya sama sekali ke bumi. Keadaan ini disebut gerhana bulan.

Skema Gerhana Bulan
Skema Gerhana Bulan
 
Disusun Oleh
Nama: Sefrina Zafira R
Kelas: 9 i
Sekolah: SMP Negeri 1 Adiwerna
Tahun Ajaran: 2011/2012

Sumber: Sukis Wariyono, dkk. 2008. bse Belajar IPA klas 9. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. dan Gambar dari Google Images

Tidak ada komentar: