Sabtu, 30 Juli 2011

Gangguan-ganguan matahari


granulasi matahari
a. Gumpalan-gumpalan pada fotosfer (granulasi),  ini timbul karena rambatan gas panas dari inti matahari ke permukaan.akibatnya,permukaan matahari tidak rata melainkan bergumpal-gumpal.

Sun Spot
b. Bintik matahari (sun spot), merupakan daerah tempat munculnya medan magnet yang sangat kuat. Bintik-bintik ini bentuknya lubang-lubang di permukaan matahai dimana gas panas menyembur dari dalam inti matahari, sehingga dapat mengganggu telekomunikasi radio di permukaan bumi

prominensa
c. Lidah api matahari, merupakan hamburan gas dari tepi kromosfer rmatahari. Lidah  api dapat mencapai ketinggian 10.000 km. Lidah   api sering di sebut prominensa atau protuberban. Lidah api terdiri atas masa proton dan elektron atom hidrogen yang bergerak dengan kecepatan tinggi. Masa  partikel ini dapat mencapai permukaan bumi. Sebelum masuk ke bumi,pancaran partikel ini  tertahan oleh medan magnet bumi (sabuk van allen), sehingga kecepatan partikel ini menurun dan bergerak menuju kutub, kemudian lama-kelamaan partikel berpijar yang disebut aurora. Hamburan  partikel ini mengganggu system komunikasi gelombang radio. Aurora  di belahan bumi selatan disebut aurora australis, sedangkandi belahan bumi utara di sebut aurora borealis.

flaret
d. Letupan (flaret), adalah letupan-letupan gas di atas permukaan matahari. Flare dapat menyebabakan gangguan sistem komunikasi radio.karena letusan terdiri atas partikel-partikel gas bermuatan listrik

Penyusun
Nama                           : M. Mubarok
Kelas                           : IX H
Sekolah                       : SMPN 1 Adiwerna
Tahun Pelajaran           : 2011/2012

Sumber :
Sukis Wariyono, dkk. Buku bse belajar IPA Kelas 9 Jakarta ; Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. dan Gambar dari Google Images.


Artikel Tata Surya
No
TATA SURYA
Penulis
01
Semiyanto
02
Semiyanto
03
Semiyanto
04
Semiyanto
05
Semiyanto
06
Semiyanto
07
Semiyanto
08
Sefrina Zafira R
09
M. Mubarok
10
Nur Fajar H
11
Nur Alif Restu F
12
Semiyanto
13
Semiyanto
14
Semiyanto
15
Semiyanto
16
Semiyanto
17
Husni Maulana
18
Semiyanto

Tidak ada komentar: