Minggu, 30 September 2012

Penjelajahan Angkasa Luar


1. Dari fiksi ke kenyataan

Ide mengirim objek ke angkasa terdapat di dalam pikiran dari banyak penulis sains fiksi ratusan tahun sebelum hal itu menjadi kenyataan. Beberapa karya ini juga menulis penggambaran bagaimana hal tersebut dapat dilakukan. Pada abad 20, dengan pengembangan propulsi teknologi yang cukup, material yang kuat dan ringan dan terobosan teknologi dan sains lainnya, ide misi luar-bumi tidak lagi hanya sekedar impian tapi suatu kenyataan.
Apollo 11 mendarat di Bulan
Museum National Air and Space di National Mall yang berada di Washington, D.C. memajang sebuah contoh batu bulan yang dapat dilihat dan disentuh oleh masyarakat, sebuah kapsul Gemini dan roket Soviet. Steven F. Udvar-Hazy Center di Dulles International Airport di Virginia Utara menampilkan banyak teknologi aerospace dalam satu tempat: Pesawat luar angkasa Enterprise, sebuah Concorde dan beberapa pesawat lainnya. Museum Space & Rocket Center A.S di Huntsville, Alabama dekat dengan Redstone Arsenal menampilkan banyak perangkat angkasa, termasuk replika roket Saturn V  Apollo 11 ukuran-penuh, Apollo asli, dan kapsul pelatih luar-angkasa Merkurius, dan kapsul luar angkasa Apollo 16 asli.

 

2. Perlombaan Pendaratan Manusia di Bulan

Penjelajahan angkasa adalah eksplorasi fisik dari benda di luar Bumi dan biasanya menyangkut teknologi, ilmu pengetahuan, dan politik yang berhubungan dengan luar angkasa. Salah satu yang paling terkenal dan aspek penting dari penjelajahan angkasa adalah pendaratan manusia pertama di bulan dalam perlombaan angkasa antara Amerika Serikat dan Uni Soviet.

 

3. Peristiwa Penjelajahan Angkasa  tahun 1957-1975

Negara yang bersaing dalam penjelajahan Angkasa Luar adalah USSR dan USA. USSR singkatan dari Union of Soviet Socialist Republics, dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan nama Uni Soviet. Negara Uni Soviet akhirnya secara resmi bubar pada tanggal 26 Desember 1991. Hak dan kewajiban negara ini kemudian dilanjutkan oleh Federasi Rusia.  USA singkatan dari United States of America, dalam bahasa indonesia dikenal dengan nama Amerika Serikat.

Tanggal
Kesuksesan pertama
Negara
Nama misi
Hewan lalat buah di angkasa
Satelit buatan
USSR
Hewan anjing di orbit
USSR
Pendeteksian Sabuk Van Allen
USA-ABMA
USA-ABMA
Probe ke Bulan
USSR
Foto Bumi dari angkasa
USA-NASA
Manusia di orbit
USSR
USSR
Rendezvous orbital
USA-NASA
Probe ke planet lain
USSR
Pendaratan Manusia pertama di Bulan
USA-NASA
USSR
Misi gabungan pertama A.S.-USSR
USSR dan USA-NASA

 

3. Kapal Angkasa Penggunaan Ulang

Kapal angkasa penggunaan ulang pertama diluncurkan oleh AS pada perayaan tahunan ke-20 penerbangan Gagarin, 12 April 1981. Pesawat angkasa penggunaan ulang pertama otomatis adalah Buran, diluncurkan oleh USSR pada 15 November 1988.


Sumber:
gambar dari google images


Artikel Tata Surya
No
TATA SURYA
Penulis
01
Semiyanto
02
Semiyanto
03
Semiyanto
04
Semiyanto
05
Semiyanto
06
Semiyanto
07
Semiyanto
08
Sefrina Zafira R
09
M. Mubarok
10
Nur Fajar H
11
Nur Alif Restu F
12
Semiyanto
13
Semiyanto
14
Semiyanto
15
Semiyanto
16
Semiyanto
17
Husni Maulana
18
Semiyanto

Tidak ada komentar: