Senin, 14 Mei 2012

Gerak Lurus

Pengertian Gerak dan Titik Acuan
Bergerak atau Tidak?

Gerak menyatakan perubahan posisi atau kedudukan terhadap titik acuan. Sedangkan Titik acuan adalah sesuatu yang dianggap diam  dan digunakan sebagai pembanding. Contoh: Seorang penumpang kereta api dikatakan bergerak terhadap stasiun, karena terjadi perubahan kedudukan antara kereta api terhadap stasiun. Tetapi dia diam terhadap teman duduknya dalam kereta api, meskipun kereta-apinya bergerak.

Macam-macam Gerak
Menurut Lintasannya gerak dibedakan menjadi tigayaitu
(1) Gerak Lurus, adalah gerak suatu benda yang lintasannya berupa garis lurus, contohnya: gerak lomba lari pada lintasan garis lurus. 
(2) Gerak Melingkar, adalah gerak suatu benda yang lintasannya berupa lingkaran, contohnya gerak permainan bianglala. 
(3) Gerak Parabola, adalah gerak suatu benda yang lintasannya berupa garis lengkung, contohnya: gerak bola yang dilempar melambung seolah membentuk garis lengkung.

Gerak Lurus
1. Jarak dan Perpindahan


Jarak adalah panjang lintasan yang ditempuh oleh suatu benda. Sedangkan Perpindahan merupakan jarak dan arah dari kedudukan awal ke kedudukan akhir atau selisih kedudukan akhir dengan kedudukan awal. Jarak merupakan besaran skalar, sedangkan perpindahan merupakan besaran vektor

2. Kecepatan dan Kelajuan

Spedometer, pengukur kelajuan
Spedometer, pengukur kelajuan

Kecepatan adalah perubahan posisi atau kedudukan selama selang waktu tertentu, memiliki besar dan arah. Sedangkan Kelajuan adalah perubahan jarak terhadap posisi awalnya dalam suatu selang waktu tertentu tanpa memperhatikan arahnya.

Contoh soal: Andi berlari 5 m/s ke arah timur. Hitunglah: Kelajuan dan Kecepatannya. 

Jawab: Kelajuan Andi  5 m/s, dan kecepatan Andi 5 m/s ke timur.
Persamaan Kelajuan
Contoh soal: Anto bersepeda menempuh jarak 180 meter, membutuhkan waktu 30 sekon. Berapakah kelajuan sepeda tersebut?












3. Percepatan
Suatu benda akan mengalami percepatan apabila benda tersebut bergerak dengan kecepatan yang tidak konstan dalam selang waktu tertentu. Misalnya, ada sepeda yang bergerak menuruni sebuah bukit memiliki suatu kecepatan yang semakin lama semakin bertambah selama geraknya. Gerak sepeda tersebut dikatakan dipercepat. Jadi percepatan adalah kecepatan tiap satuan waktu. Secara matematis dapat ditulis sebagai berikut.


Contoh Soal: Sebuah bus kota pada detik pertama bergerak dengan kecepatan 7 m/s. Pada detik kedua kecepatannya menjadi 9 m/s. Berapakah percepatan rata-rata bus kota tersebut?












Referensi:
(1) Gambar dari Google Images; 
(2) Teguh Sugiyarto, dkk. 2008. BSE IPA klas 7. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasiona; 
(3) Anni Winarsih , dkk. 2008. BSE IPA klas 7. Semarang: Departemen Pendidikan Nasional; 
(4) Wasis, dkk. 2008. BSE IPA klas 7. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Tidak ada komentar: