Kamis, 13 Oktober 2011

Jaringan pada Tumbuhan


1) Jaringan Meristem

Jaringan Meristem
Jaringan Meristem

Jaringan meristem merupakan jaringan muda yang selselnya selalu aktif membelah diri untuk membentuk struktur primer pada tumbuhan. Jaringan ini terdapat pada bagian ujung batang dan ujung akar.

2) Jaringan Pelindung

Jaringan Pelindung atau Epidermis
Jaringan Pelindung atau Epidermis

Jaringan pelindung disebut juga epidermis yang berfungsi melindungi permukaan tumbuhan. Penyusun dari epidermis adalah sel-sel yang rapat menutupi seluruh permukaan tubuh tumbuhan. Jaringan epidermis dapat membentuk lapisan lilin antiair untuk mencegah penguapan yang berlebihan. Lapisan lilin ini disebut juga kutikula.

3) Jaringan Pengangkut

Jaringan Pengangkut Tumbuhan
Jaringan Pengangkut

Sesuai dengan namanya, jaringan ini berfiungsi untuk proses pengangkutan zat-zat yang ada dalam tumbuhan. Jaringan ini disebut juga jaringan pembuluh yang terdiri atas floem dan xylem. Floem berfungsi untuk mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tubuh  tumbuhan. Adapun xylem berfungsi untuk mengangkut air dan mineral dari akar ke daun.

4) Jaringan Penyokong

Jaringan Penyokong
Jaringan Penyokong

Jaringan ini berfungsi sebagai penguat/penyokong tumbuhan. Jaringan kolenkim dan sklerenkim merupakan contoh jaringan penyokong. Jaringan ini memiliki dinding yang tebal. Kerasnya tempurung kelapa ini akibat dari adanya jaringan sklerenkim.

5) Jaringan Dasar

Jaringan Dasar atau Parenkim
Jaringan Dasar atau Parenkim

Jaringan dasar atau jaringan parenkim mengisi ruang antar jaringan. Jaringan ini terdapat pada hampir semua bagian tumbuhan, seperti batang, daun, dan akar. Jaringan parenkim di daun yaitu mesofil (palisade dan spons) banyak mengandung kloroplas dan merupakan tempat berlangsungnya fotosintesis.

Nama   : Nur Aviani Indah Sari. IX D. 2011.
Sumber: Saeful Karim, dkk. 2008. bse Belajar IPA klas 8. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional dan Gambar dari google images

Tidak ada komentar: