1. Ayo Identifikasi
Aktivitas 3.1: “Mengenali Suhu Bagian Tubuh”
Seorang anak sedang mengukur suhu tubuhnya |
Cobalah
letakkan punggung telapak tangan kalian pada beberapa bagian tubuh seperti
pipi, kening, leher, bahu, ketiak dan rambut. Apakah kalian merasakan panas
yang berbeda dari bagian tubuh tersebut? Bagian mana yang dirasakan paling
panas? Mengapa bisa demikian? Apakah kalian dapat membedakan secara akurat
besarnya suhu yang dirasakan pada masing-masing bagian tubuh tesebut?
Jawab:
Benda yang panas
mempunyai derajat panas lebih tinggi daripada benda yang dingin. Indra perasa
memang dapat merasakan tingkat panas bagian tubuh. Akan tetapi, indra perasa
bukan pengukur tingkat panas yang baik. Benda yang tingkat panasnya sama
dirasakan berbeda oleh punggung tangan kanan dan kiri kalian. Jadi, suhu benda
yang diukur dengan indra perasa seperti kulit menghasilkan ukuran suhu yang
tidak dapat dipakai sebagai acuan atau tidak pasti.
2. Ayo Buat Aktivitas 3.2:
“Termometer dengan Skala Suhu”
Termometer
sesungguhnya dapat kalian buat secara sendiri di sekolah atau pun di rumah.
Perhatikanlan gambar berikut ini.
Gambar Termometer sederhana |
Kalian bisa menyediakan alat dan bahan secara mandiri. Sesuaikan dengan bahan yang kalian miliki yang sesuai dengan peruntukannya. Bahan cairan apa saja yang kalian perlukan? Kalian bisa mencari tahu, bahan cairan apa yang sering digunakan untuk membuat termometer. Campurkanlah cairan tersebut dengan air secukupnya. Jumlah masing-masing cairan dapat kalian tentukan sendiri atau kalian bisa bertanya guru atau orang tua di rumah.
Kemudian
bagaimana cara kalian menentukan titik bawah dan titik atas termometer kalian
sediri? Berapakah angka terkecil dan terbesar yang kalian tuliskan pada skala
suhu termometer buatan kalian? Bandingkanlah dengan termometer ruangan yang
kalian miliki di rumah atau di sekolah.
Jawab:
Titik acuan bawah (00) dari suhu peleburan es pada tekanan satu atmosfer, titik acuan atas (1000) dari suhu didih air pada tekanan satu atmosfer. Skala suhu dibuat dengan membagi 100 antara 00 - 1000 .
Referensi
Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas VII. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, 2021. Penulis: Victoriani Inabuy, Dkk. ISBN: 978-602-244-384-1 (Jilid-1).
Baca juga:
Suhu, Kalor, dan Pemuaian | |
01 | |
02 | |
03 | |
04 | |
05 | |
06 | |
07 | |
08 | |
09 | |
10 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar