Senin, 22 Agustus 2011

Alat-alat Laboratorium

1. MIKROSKOP

Mikroskop adalah alat yang digunakan untuk memperbesar benda-benda berukuran sangat kecil (renik) yang tidak dapat dilihat dengan mata secara langsung. Mikroskop yang umum digunakan di sekolah adalah mikroskop cahaya. Mikroskop cahaya ada yang memiliki satu lensa pengintip (monokuler) dan ada juga yang memiliki dua lensa pengintip (binokuler).



2. TERMOMETER

Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu (temperatur), ataupun perubahan suhu. Istilah termometer berasal dari bahasa Latin thermo yang berarti bahang dan meter yang berarti untuk mengukur. Prinsip kerja termometer ada bermacam-macam, yang paling umum digunakan adalah termometer air raksa.




3. LABU UKUR
Labu Ukur adalah sebuah perangkat yang memiliki kapasitas antara 5 mL sampai 5 L dan biasanya instrumen ini digunakan untuk mengencerkan zat tertentu hingga batas leher labu ukur. Alat ini biasanya digunakan untuk mendapatkan larutan zat tertentu yang nantinya hanya digunakan dalam ukuran yang terbatas hanya sebagai sampel dengan menggunakan pipet. Dalam sistem pengenceran, untuk zat yang tidak berwarna, penambahan aquadest sampai menunjukkan garis meniskus berada di leher labu. Untuk zat yang berwarna, penambahan aquadets hingga dasar meniskus yang menyentuh leher labu ( meniskus berada di atas garis leher ).

4. GELAS KIMIA
Gelas kimia adalah sebagai tempat untuk melarutkan zat yang tidak butuh ketelitian tinggi, misalnya pereaksi/reagen untuk analisa kimia kualitatif atau untuk pembuatan larutan standar sekunder pada analisa titrimetri/volumetri. Terdapat berbagai ukuran mulai dari 25 mL sampai 5 Liter. jadi tidak cocok untuk pembuatan larutan yang perlu ketelitian tinggi (secara kuantitatif).






5. TIMBANGAN
Timbangan/neraca adalah alat yang dipakai melakukan pengukuran massa suatu benda. Timbangan/neraca dikategorikan kedalam sistemmekanik dan juga elektronik. Timbangan adalah suatu alat yang sangat penting keberadaannya dalam kehidupan sehari-hari kita, dan hal ini diperhatikan oleh pemerintah dengan mendirikan Dinas Metrologi untuk mengelolanya

Penyusun: Risatya Dandion. IX H. 2011. SMP Negeri 1 Adiwerna
Sumber: Nunung Nurhayati, dkk. 2009. Bilingual IPA Biologi kelas 7.Bandung : Penerbit Yrama Widya 

Artikel Peralatan Laboratorium IPA

No
PERALATAN LABOLATORIUM IPA
Penulis
01
RisatyaDandion
02
Tunggal Sae I.R
03
Tunggal Sae
04
Aris Hidayatulloh
05
Rahmatina Sabila

Tidak ada komentar: