Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini untuk berlatih mengingat kembali pemahamanmu akan materi yang telah dipelajari pada Bab ini.
1. Sebutkan bunyi teori sel !
Jawab:
• Seluruh makhluk hidup tersusun dari sel
• Sel adalah unit dasar dari struktur dan fungsi makhluk
hidup
• Seluruh sel berasal dari sel sebelumnya.
2. Sebutkan fungsi dari bagian-bagian
mikroskop di bawah ini!
a. Lensa objektif
b. Penjepit
c. Lensa okuler
d. Lampu
e. Lengan
Jawab:
a. Memperbesar objek
b. Menjepit preparat
c. Memperbesar penampakan objek
d. Sumber cahaya
e. Bagian yang
dipegang untuk memindahkan mikroskop
3.
Salinlah tabel di bawah ini, dan hitunglah nilai yang hilang!
Jawab:
4.
Identifikasikanlah bagian-bagian dari mikroskop ini!
mikroskop |
Jawaban:
a. Meja objek
b. Penjepit
c. Lensa okuler
d. Lensa objektif
e. Lampu
5.
Sebutkan tiga bagian dari sel tumbuhan yang tidak dimiliki oleh sel hewan!
Jawab: a. Dinding Sel,
b. Kloroplas, c. Vakuola
6. Apakah fungsi dari bagian-bagian sel
berikut ini?
a. Sel membrane
b. Inti Sel
c. Mitokondria
d. Vakuola
Jawab:
a. Membran sel: berfungsi mengontrol keluar masuknya bahan-bahan
yang dibutuhkan oleh sel
b. Inti Sel: berfungsi untuk mengatur seluruh aktivitas
sel.
c. Mitokondria: menghasilkan energi melalui proses
respirasi sel
d. Vakuola: menyimpan air, makanan, dan sisa-sisa metabolisme
7. Indentifikasi bagian dan fungsi dari sel
-sel berdasarkan petunjuk berikut ini:
a. berbentuk cair, tempat bagian-bagian sel
berada.
b. Bertindak seperti otak manusia.
c. Tempat menyimpan air dan makanan di dalam
sel.
Jawab:
a. Sitoplasma
b. Inti sel/nukleus
c. Vakuola
8. Sebutkan nama ilmiah dari organisme bersel
satu!
Jawab: uniseluler
9. Sebutkan contoh organisme bersel satu!
Jawab: Amoeba, Euglena, Paramecium, chlamydomonas, dll
10. Apakah yang dimaksud dengan jaringan?
Jawab: Sel-sel yang memiliki karakter dan fungsi yang sama
saling bekerja sama
11. Tentukan spesialisasi sel berdasarkan
ciri-ciri sebagai berikut
a. Memiliki sel penjaga yang bisa menutup dan
membuka, berfungsi untuk mengambil karbon dioksida dan oksigen.
b. Memiliki banyak nukleus dan mitokondria
yang menunjang fungsinya untuk bergerak.
c. Tidak memiliki nukleus agar dapat mengikat
oksigen lebih banyak
Jawaban:
a. Stomata
b. Sel otot
c. Sel darah merah
12.
Bandingkan dengan cara mengurutkan dari yang terbesar sampai dengan yang
terkecil: organ, sistem organ, sel, jaringan, organisme.
Jawab: organism,
sistem organ, organ, jaringan, sel
13.
Sel terdiri dari organel, begitu juga dengan sistem tubuh manusia yang terdiri
dari organ. Bandingkanlah organel yang terdapat di dalam sel dengan organ yang
ada dalam tubuh manusia dengan cara membuat daftar persamaan dan perbedaannya
Jawab:
14.
Terdapat kelebihan dan kekurangan ketika suatu sel mengalami spesialisasi dalam
menjalankan fungsinya.
a.
Buatlah daftar kelebihan dan kekurangan ketika suatu sel mengalami spesialisasi
Jawab:
b. Buatlah daftar kelebihan dan kekurangan organisme satu sel yang melakukan seluruh fungsi tubuhnya
Jawab:
c.
Evaluasilah, apakah dengan hanya memiliki satu sel lebih baik dibandingan
memiliki banyak sel yang terspesialisasi.
Jawab:
Jika memilih jawaban
satu sel tidak lebih baik dibandingkan dengan multi sel: Memiliki hanya satu
sel berarti tidak efisien dalam menjalankan tugas, dan berumur lebih pendek,
serta tidak memiliki keragaman.
Jika memilih jawaban
satu sel lebih baik dibandingkan dengan multisel: Reproduksi sel lebih cepat
dan tidak membutuhkan banyak nutrisi.
Referensi
Ilmu Pengetahuan Alam SMP Kelas VIII. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, 2021. Penulis: Okky Fajar Tri Maryana, Dkk. ISBN: 978-602-244-383-4.
Baca Juga
Bab 1 Pengenalan Sel | |
01 | |
02 | |
03 | |
04 | |
05 | |
06 | |
07 | |
08 | |
09 | |
10 | |
11 | |
12 | |
13 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar