Minggu, 05 Juni 2011

Galaksi Andromeda, tetangga galaksi kita


1. Galaksi Andromeda dapat dilihat dengan mata telanjang

Galaksi Andromeda
Galaksi Andromeda

Galaksi Andromeda dengan nama lain Messier 31, M31, atau NGC 224 adalah salah satu galaksi di luar galaksi Bima Sakti yang dapat dilihat dengan mata telanjang, asalkan dilihat pada malam yang cerah, tanpa bulan dan tanpa polusi cahaya. Strukturnya mirip dengan galaksi Bima Sakti yaitu berbentuk spiral. Dengan mata telanjang, galaksi ini nampak seperti kabut tipis kecil di langit utara, tapi jika diamati dengan teropong yang dapat menampakkan bintang bintang redup di tepian galaksi Andromeda, ternyata ukuran Andromeda bisa lebih dari 7 kali diameter sudut bulan

2. Letak Galaksi Andromeda
Letaknya di langit adalah di belahan langit utara, sekitar 41 derajat di sebelah utara khatulistiwa langit, baik diamati sekitar bulan September, Oktober, November.

3. Jarak dan Jumlah Bintang
Jaraknya sekitar 2,5 juta tahun cahaya. Galaksi ini berisi sekitar 1 triliun bintang, dan bergerak mendekati Bima Sakti dengan kecepatan sekitar 300 km/detik.

4. Deskripsi Galaksi Andromeda

Kelompok Galaksi pada Lokal Group Galaksi
Kelompok Galaksi pada Lokal Group Galaksi

Galaxy Andromeda adalah galaksi spiral berjarak sekitar 2,5 juta tahun cahaya dari Bumi  dalam konstelasi Andromeda. Hal ini juga dikenal sebagai Messier 31 (M31) atau NGC 224, dan sering disebut sebagai Great Andromeda Nebula dalam teks-teks yang lebih tua. Andromeda adalah galaksi spiral terdekat dengan Bima Sakti, tetapi bukan galaksi terdekat secara keseluruhan. Ia mendapat namanya dari daerah langit di mana ia muncul, konstelasi Andromeda, yang diberi nama menurut mitologis putri Andromeda

Andromeda adalah galaksi terbesar dari Lokal Group, yang terdiri dari Galaksi Andromeda, Galaksi Bima Sakti, Galaksi Triangulum, dan sekitar 30 galaksi kecil lainnya. Meskipun terbesar, Andromeda mungkin bukan yang paling besar, seperti temuan terakhir menunjukkan bahwa Bima Sakti lebih banyak berisi materi gelap dan mungkin yang paling besar di kelompok ini. Pengamatan tahun 2006 oleh Spitzer Space Telescope mengungkapkan bahwa M31 berisi satu triliun (10 12) bintang-bintang, lebih dari jumlah bintang di galaksi kita sendiri. Andromeda diperkirakan memiliki 7,1 × 10 11 massa matahari, Dalam studi perbandingan tahun 2009 diperkirakan bahwa Bima Sakti dan Andromeda memiliki massa sama, sementara studi tahun 2006 menempatkan massa Bima Sakti  80% dari massa Andromeda. 

Galaxy Andromeda dan Bimasakti akan bertrabakan sekitar  4,5 miliar tahun yang akan datang. Magnitudo  tampak Galaksi Andromeda sebesar 3,4  menjadi salah satu objek Messier, karena dapat dilihat dengan mata telanjang di malam berbulan bahkan ketika dilihat dari daerah yang sedang polusi cahaya. Meskipun muncul lebih dari enam kali selebar bulan penuh ketika difoto melalui teleskop yang lebih besar, hanya kawasan pusat yang cerah dapat terlihat dengan mata telanjang atau ketika dilihat menggunakan teropong atau kecil teleskop

Andromeda memainkan peran penting dalam studi galaksi, karena merupakan galaksi spiral terdekat, walaupun bukan galaksi terdekat. Pada tahun 1943, Walter Baade adalah orang pertama untuk menyelesaikan bintang di wilayah pusat Galaxy Andromeda. Berdasarkan pengamatannya di galaksi ini, ia mampu membedakan dua populasi yang berbeda bintang berdasarkan metallicity mereka, penamaan bintang muda kecepatan tinggi, di piringan Tipe I dan, yang lebih tua bintang merah di tonjolan Tipe II. Tata  nama ini kemudian diadopsi untuk bintang di dalam Bima Sakti, dan di tempat lain. Keberadaan dua populasi yang berbeda telah dicatat sebelumnya oleh Jan Oort.  Dr Baade juga menemukan bahwa ada dua jenis variabel Cepheid, yang mengakibatkan dua kali lipat  perkiraan jarak ke M31, serta Alam Semesta. Menurut laporan tim astronom tahun 2010, Andromeda terbentuk dari tubrukan dua galaksi yang lebih kecil antara 5 dan 9 miliar tahun yang lalu. Seperti Bima Sakti, Andromeda Galasi memiliki galaksi satelit , terdiri dari 14 dikenal galaksi kerdil. Yang paling dikenal dan paling mudah diamati galaksi satelit yang M32 dan M110 .

5. Pusat Galaksi Andromeda

Pusat Galaksi Andromeda
Pusat Galaksi Andromeda

Konsep artis ini menunjukkan pemandangan di piringan muda misterius, bintang biru yang mengelilingi lubang hitam supermasif di inti dari Galaksi tetangga Andromeda (M31). Daerah sekitar lubang hitam nyaris tak terlihat di pusat lingkaran. Penduduk  bintang-bintang latar belakang yang lebih tua, lebih merah khas bintang yang menghuni inti galaksi yang paling tua. Pengamatan spektroskopi oleh Teleskop luar angkasa Hubble menunjukkan bahwa cahaya biru terdiri dari lebih 400 bintang yang terbentuk dalam aktivitas ledakan sekitar 200 juta tahun lalu. Bintang-bintang rapat dikemas dalam lingkaran  hanya beberapa cahaya. Di bawah cengkeraman gravitasi lubang hitam, bintang-bintang bergerak sangat cepat: 2,2 juta mil per jam (3,6 juta kilometer per jam, atau 1.000 kilometer per detik). Nama Obyek Galaksi Andromeda: M31, Andromeda Galaxy, NGC 224.

Sumber
http://id.wikipedia.org/wiki/Galaksi_Andromeda
http://en.wikipedia.org/wiki/Andromeda_Galaxy

Tidak ada komentar: