Selasa, 07 Mei 2013

Kapal Othok-othok, Mainan Edukasi yang Murah

Asyik bermain kapal Othok-othok
Asyik bermain kapal Othok-othok

Kapal mainan yang terbuat dari kaleng ini sudah ada semenjak jaman orde baru masih berkuasa. Mainan murah, tapi tidak murahan. Di dalam mainan sederhana ini terdapat ilmu. Ilmunya terdapat pada prinsip kerja dari kapal othok-othok tersebut. Mau tahu?

Kita yang sudah pernah belajar fisika mestinya kenal sama yang namanya Hukum Newton? Prinsip kerja kapal othok-othok ini ya pakai hukum Newton, tepatnya Hukum Newton III. Intinya begini : “Kalau suatu benda diberi gaya (aksi), maka benda tersebut akan memberikan gaya (reaksi) yang sama besar kepada si pemberi gaya, dengan besar yang sama, tapi arahnya berlawanan.” Kira–kira singkatnya ditulis begini: Gaya aksi = – Gaya reaksi.
Kapal Othok-othok
Kapal Othok-othok

Kapal othok-othok menggunakan sarana penggerak uap air yang keluar dari dalam ketel mini yang sudah diinstal di dalam kapal. Temperatur  air yang ada di lingkungan kapal lebih rendah daripada yang ada di dalam ruang ketel mini, maka air dari dalam ketel yang sudah jadi uap karena dipanaskan mendesak ingin keluar dari ruang ketel, lalu menimbulkan gaya aksi ke air, dan reaksinya ya air mendorong si kapal othok-othok, jadinya jalan-jalan.
Sekarang kita mencoba bikin sendiri yok kapal othok-othok, tapi yang ini belum pakai bunyi othok-othok, cuma bisa jalan gitu, Mulai yuk,

Pertama menyiapkan dulu alat sama bahan-bahannya. Alat: (1) Gunting Seng, (2) Solder + timahnya, (3) Tang, (4) Permanen marker, (5) Cat minyak. Bahan: Kaleng bekas

Cara Bikin :
1) siapkan alat-alatnya, sama segala macam bahan yang dibutuhkan, ya cuma kaleng bekas saja.

Skema kapal othok-othok
Pola kapal othok-othok

2) Bikin pola kabin kapal di atas kertas atau langsung saja digambar di kalengnya, tapi kalengnya dilurusin dulu ya. Polanya seperti ini: 
(a) Membuat pola ruang bakar alias ketel, 
(b) Kalau sudah bikin pola, potong kalengnya sesuai pola yang sudah dibikin, 
(c) Membuat pipa saluran buang, 
(d) Merangkai bahan yang sudah dimanipulasi dengan memanfaatkan solder dan timahnya sampai jadi bentuk perahu.  Dicat  kalau perlu biar lebih keren. Semua langkah sudah dikerjakan? Ternyata, mainan yang baik tak harus mahal, oke.

Sumber:
Tulisan: http://ohmedfisika.blogspot.com/2012/06/percobaan-fisika-perahu

4 komentar:

ari sudono mengatakan...

inget jaman masih kecil, ternyata prinsip kerjanya IPA banget, thanks pak

Blog Belajar IPA SMP mengatakan...

Penerapan IPA dalam kehidupan banyak sekali. contohnya Kapal Othok-othok. ayo belajar IPA !

Unknown mengatakan...

Ada audionya gg biar gg baca saya

Blog Belajar IPA SMP mengatakan...

Mas Damianus Adam Mahendra, nanti beli aja kapal othok-othok sungguhan di pasar malam, murah kok. Nanti seru deh, bisa lihat bendanya, juga suaranya.