Kamis, 25 April 2013

Taman Nasional Way Kambas sebagai Pusat Pelatihan Gajah


A. Profil Taman Nasional Way Kambas

Pelatihan Gajah di Taman Nasional Way Kambas
Pelatihan Gajah di Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas adalah taman nasional perlindungan gajah yang terletak di daerah Lampung tepatnya di kecamatan labuhan ratu lampung timur, Indonesia. Selain di Way Kambas, sekolah gajah atau Pusat Latihan Gajah, juga bisa ditemui di Minas, Riau. 
Gajah sumatera dengan nama latin Elephas maximus sumatranus yang hidup di kawasan ini semakin berkurang jumlahnya. Taman Nasional Way Kambas berdiri pada tahun 1985 merupakan sekolah gajah pertama di Indonesia, dengan nama awal Pusat Latihan Gajah (PLG) namun semenjak beberapa tahun terakhir ini namanya berubah menjadi Pusat Konservasi Gajah (PKG) yang diharapkan mampu menjadi pusat konservasi gajah dalam penjinakan, pelatihan, perkembangbiakan dan konservasi. 
Hingga sekarang PKG ini telah melatih sekitar 300 ekor gajah yang sudah disebar ke seluruh penjuru Tanah Air. Di Way Kambas juga tedapat International Rhino Foundation yang bertugas menjaga spesies badak agar tidak terancam punah.

B. Flora dan Fauna

Di Taman Nasional Way Kambas ini terdapat hewan yang hampir punah diantaranya Badak sumatera, Gajah Sumatera, Harimau sumatera, Mentok Rimba, Buaya sepit

Taman Nasional Way Kambas
Taman Nasional Way Kambas 

Untuk tanaman banyak diketemukan Api-api, Pidada, Nipah, pandan. Di bagian pesisir Taman Nasional Way Kambas yang berawa juga sering ditemukan berbagai jenis burung antara lain Bangau Tongtong, Sempidan Biru, Kuau raja, Burung Pependang Timur, dan beberapa burung lainnya.

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Taman_Nasional_Way_Kambas

2 komentar:

ari sudono mengatakan...

sangat menarik, buat yang lebih seru lagi pak

Blog Belajar IPA SMP mengatakan...

yang lebih seru ialah: bila gajah saja mau sekolah, lucu rasanya bila ada anak manusia nggak mau sekolah